manyrugs

Situs Informasi Menarik

Keutamaan Puasa Dzulhijjah, 9 Hari Sebelum Idul Adha 2022: Dosanya Akan Diampuni oleh Allah SWT

Berikut keutamaan puasa Dzulhijjah sebelum Idul Adha 2022. Pada bulan Dzhulhijjah, terdapat beberapa keutamaan. Dikutip dari , wakil dekan 3 Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo, DR Iswahyudi, M. AG mengatakan, bagi umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah Haji, maka mereka yang mabrur akan mendapatkan surganya Allah.

Sementara bagi umat Muslim yang tidak melaksanakan ibadah Haji, ibadahnya akan dilipat gandakan. Keutamaan lainnya adalah bagi yang melaksanakan puasa di bulan Dzulhijjah, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT dan dibebaskan dari neraka. Maka oleh karena itu, pada bulan Dzulhijjah disunahkan untuk memperbanyak ibadah, seperti puasa, sholat dan sedekah.

Kemudian ia menjelaskan puasa Dzulhijjah dapat dikerjakan antara 1 hingga 7 Dzulhijjah. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa ada juga yang melaksanakan puasa Dzulhijjah antara 1 hingga 9 Dzulhijjah. Mengutip dari , pada bulan Dzulhijjah terdapat banyak keutamaan, di antaranya:

Tanggal 1 Dzulhijjah Allah mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, maka yang berpuasa di hari itu akan diampuni dosa dosanya. Tanggal 2 Dzulhijjah

Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkannya dari perut ikan nun, maka orang yang berpuasa di hari itu sama seperti beribadah dan berpuasa satu tahun tanpa maksiat. Tanggal 3 Dzulhijjah Allah mengabulkan doa Nabi Zakariya AS, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dikabulkan doanya.

Tanggal 4 Dzulhijjah Nabi Isa AS dilahirkan, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihilangkan kesusahan dan dikumpulkan bersama orang mulia di hari kiamat. Tanggal 5 Dzulhijjah

Nabi Musa AS dilahirkan dan dimuliakan munajatnya, maka orang yang berpuasa di hari itu akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur. Tanggal 6 Dzulhijjah Allah membukakan pintu kebaikan semua nabi, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dipandang Allah dengan penuh rahmat dan kasih sayang.

Tanggal 7 Dzulhijjah Pintu neraka jahanam dikunci dan tidak akan dibuka sebelum berakhir pada 10 Dzulhijjah, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihindarkan dari 30 pintu kemelaratan dan kesukaran dan dibukakan 30 pintu kemudahan untuknya. Tanggal 8 Dzulhijjah ( Tarwiyah )

Keistimewaan puasa Tarwiyah adalah menghapus dosa yang dibuat tahun lalu. Tanggal 9 Dzulhijjah ( Arofah) Menurut kalender Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), awal bulan Dzulhijjah jatuh pada 1 Juli 2022, dikutip dari kids.grid.id.

Sehingga puasa Dzulhijjah dapat dilaksanakan pada 1 9 Juli 2022. Sementara menurut PP Muhammadiyah dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah 1443 Hijriah, awal bulan Dzulhijjah tahun ini, jatuh pada Kamis Pahing, 30 Juni 2022. Mengutip dari Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah oleh Ust. Syukron Maksum , berikut bacaan niat puasa Dzulhijjah:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى Artinya: "Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala." Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.