manyrugs

Situs Informasi Menarik

TNI AL Pusatkan Proses Pendidikan dan Pelatihan Komponen Cadangan di Kodikmar Surabaya

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan proses pendidikan dan pelatihan Komponen Cadangan (Komcad) unsur matra laut akan dilakukan di Komando Pendidikan Marinir Surabaya. Sampai saat ini, kata Yudo, TNI Angkatan Laut sudah merekrut personel komcad dari berbagai daerah. "Jadi sementara ini kita pusatkan di Surabaya. Nanti kalau perintahnya mungkin di pulau pulau ya seperti kemarin bisa ternyata dilaksanakan di wilayah wilayah yang memiliki satuan pendidikan di pulau pulau lain, jadi tidak terpusat di Jawa, nanti juga bisa akan kita laksanakan," kata Yudo di Graha Jala Puspita Jakarta Pusat pada Rabu (25/5/2022).

Yudo mengatakan, rencananya acara peresmian komcad bersama Kementerian Pertahanan akan dilaksanakan bulan depan di Surabaya. Selanjutnya, kata Yudo, akan dimulai pelatihan komcad unsur matra laut di Kodikmar Surabaya. "Ini sekarang lagi perekrutan, nanti mulai bulan depan akan kita laksanakan acara pembukaan dan sekaligus dilanjutkan dengan pelatihan," kata Yudo.

Diberitakan sebelumnya Yudo mengatakan rencananya TNI Angkatan Laut (AL) akan merekrut 500 personel Komponen Cadangan (Komcad) pada tahun ini. Namun demikian, ia belum bisa memastikan pada bulan apa rekrutmen tersebut akan dibuka meningat belum ada arahan dari Kementerian Pertahanan terkait waktu tersebut. "Ini tahun 2022. Kan kita dapat jatah 500 (personel) nanti. Belum ada direktif dari Kemhan. Pokoknya tahun 2022 ini," kata Yudo usai Rapat Kerja dengan Komisi I di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Kamis (27/1/2022).

Yudo menjelaskan, rencananya lokasi pendaftaran komcad akan digelar di Lantamal Lantamal sebagaimana rekrutmen personel TNI AL. Untuk pendidikan pesonel komcad, kata dia, rencananya akan dilakukan di Kodiklatal dan di Kodikmar. Yudo lebih lanjut menjelaskan, meski Komcad TNI AL akan juga mendapat pelatihan di kapal perang, namun nantinya mereka akan mengawaki kapal kapal sipil yang dapat mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

"Latihannya kan di kapal perang, nantinya dia akan mengawaki kapal sipil sebagai komponen cadangan. Komponen cadangan Angkatan Laut ini kalau alutsista kan kapal kapal tanker, kapal angkut yang nantinya mendukung tugas pokok Angkatan Laut dalam operasi gabungan," kata Yudo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.