manyrugs

Situs Informasi Menarik

Terkait Pilpres 2024, Anies Dinilai Sulit Bila Tak Diusung Nasdem

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai posisi Anies Baswedan agak sulit bila tak didukung Partai Nasdem sebagai calon presiden (Capres) 2024. Sebab menurut Karyono, hingga saat ini hanya PKS yang kelihatannya bersemangat mendukung Anies, itupun belum ada keputusan formal untuk mendukung. Karyono mengatakan, dukungan dari PKS belum cukup bagi Gubernur DKI Jakarta itu, maka harapannya Partai Demokrat.

Namun, kata dia, Demokrat juga tentu memiliki target untuk memasang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Capres. "Tetapi tentu fleksibel juga yah, kalau dilihat dari segi elektabilitas misalnya Anies lebih unggul sebagai calon presiden dibanding AHY," ujar Karyono. Maka dari itu, Karyono menilai mungkin Demokrat realistis bahwa AHY bisa dijadikan sebagai calon wakil presiden (Cawapres)

"Tetapi masalah adalah koalisi PKS dengan Demokrat itu kan tidak cukup memenuhi presidential threshold (PT) 20 persen," ucapnya. Untuk itu, kata dia, harus ada partai lain lagi agar bisa memenuhi persyaratan PT 20 persen, semisal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). "Maka kalau Nasdem misalnya akhirnya bergabung pada koalisi PDIP Gerindra, misalnya ya kemudian di blok yang lain ada koalisi Indonesia bersatu, ya harapannya tinggal PKB," ucapnya.

Kendati demikian, Karyono juga menilai antara PKB dan PKS sangat sulit untuk bersatu atau berkoalisi. "Tapi menurut saya PKB sangat sulit untuk berkoalisi dengan PKS. PKB kemungkinan besar akan memilih bergabung dengan koalisi PDIP Gerindra gitu yah. Atau dengan koalisi Indonesia bersatu," ucap Karyono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.