manyrugs

Situs Informasi Menarik

Pengertian Malam Lailatul Qadar Beserta Perkiraan Tiba dan Tanda-tandanya

Pengertian Lailatul Qadar, malam yang disebut lebih baik dari seribu bulan. Lailatul Qadar adalah malam di bulan Ramadhan yang lebih baik dari seribu bulan. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr H Baidi MPd mengatakan, penjelasan soal malam Lailatul Qadar tertuang di Alquran yakni dalam surat Al Qadr.

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”(QS.AlQadr:1 3). Baidi mengatakan pahala yang didapat ketika seseorang beribadah di malam Lailatul Qadar lebih baik dari pada seribu bulan. Jika dikalkulasi dalam tahun, seribu bulan lebih kurang sama dengan 84 tahun.

Mengutip laman , tidak ada penjelasan pasti kapan malam Lailatul Qadar tiba. Hal itu menjadi rahasia Allah SWT. Namun demikian, sebagian besar ulama berpendapat malam Lailatul Qadar jatuh pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Secara khusus, Lailatul Qadar disebut terjadi pada malam malam ganjil yakni malam 21, 23, 25, 27, dan 29. Bila merujuk bulan Ramadhan 1443 H ini, maka malam 21 Ramadhan jatuh pada Jumat malam, 22 April 2022. Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa.

Pada malam tersebut Allah akan mengabulkan segala permintaan hamba Nya dan mengampuni dosa dosanya. Nabi SAW bersabda; “Dan barang siapa yang beribadah pada malam Lailatul qadar semata mata karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa dosanya yang terdahulu.” (HR Bukhari). Meski tidak ada penjelasan kapan malam Lailatul Qadar, terdapat petunjuk atau tanda tanda Lailatul Qadar.

Menurut Baidi, tanda malam Lailatul Qadar yakni suasana pagi hari atau malam hari sangat tenang dan udaranya segar. Cuaca di pagi hari ketika Lailatul Qadar, sinar matahari cukup cerah tapi tidak panas. Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar, kita dianjurkan untuk melakukan amalan amalan pada 10 hari terakhir Ramadhan, terutama pada malam malam ganjil.

Hj Ari Hikmawati, Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta menyatakan, terdapat beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca saat malam Lailatul Qadar, sebagai berikut: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku. Surah Al Baqarah: 201 رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah, Wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar. Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.