manyrugs

Situs Informasi Menarik

Marshanda Hilang Saat Kondisinya Sempat Alami Gejala Manik, Apakah Itu? Simak Penjelasan Dokter

Publik dikejutkan dengan kabar artis Marshanda hilang di Los Angeles, Amerika Serikat. Saat sang sahabat umumkan Marshanda hilang, disebut sebut mantan istri Ben Kasyafani ini sempat mengalami fase mania atau manik. Apa itu? Publik telah lama tahu sebelum Marshanda hilang, Caca sapaan akrab Marshanda mengidap Bipolar.

Gangguan mental tersebut membuatnya harus bolak balik melakukan terapi untuk bisa mengontrol emosi dari dalam dirinya Bipolar merupakan perubahan suasana hati yang begitu drastis tanpa sebab yang jelas. Terjadi terus menerus dan menganggu aktivitas sehari hari, serta berdampak pada kesehatan fisik.

Gangguan bipolar sangatlah ekstrim ketimbang mood swing. Kabar hilangnya Marshanda diungkap oleh sahabat Marshanda, Sheila Salsabila melalui postingan di akun instagramnya, @sheilasalss, Senin (27/6/2022). "Dicari DAY 2; @marshanda99," tulisnya.

Sheila juga mengunggah video pertemuannya dengan Marshanda sebelum Marshanda hilang. "Ini video terakhir kita kemarin. Ada yang ngerti Caca ngomong apa? 'Time is dying" tulisnya. Marshanda dikabarkan menghilang ketika dalam kondisi bipolarnya sedang kambuh.

Bahkan ia sedang berada dalam situasi manic episode. Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa dr. Andri, SpKJ, FAPM mengatakan, seorang penderita bipolar akan mengalami gejala depresi dan mania atau manik. Dijelaskannya, fase depresi ini seringkali tidak sesederhana yang dilihat. Tidak hanya mengalami kesedihan terus menerus namun depresi juga terkait dengan kemarahan, kecemasan, perubahan pola tidur, perubahan nafsu makan.

Kemudian juga ada perasaan kosong, kelelahan, rasa bersalah, perasaan tidak bisa ditolong, iritabilitas atau merasa jadi sensitif seperti gejala ingin melukai diri. Sementara gejala mania atau manik adalah mengalami perasaan gembira yang sangat luar biasa. Saat gejala ini dirasakan, penderita akan memiliki energi yang berlebihan atau sangat energik, suaranya menjadi kenceng, kadang kadang mereka juga sering kali rapid speech atau ngomongnya cepat sekali.

"Kemudian enggak butuh tidur. Jadi bukan enggak bisa tidur tapi enggak butuh tidur atau yang paling juga sering ditemukan adalah seringkali melakukan perilaku yang tidak dipikir lagi atau melakukan perilaku yang berisiko," jelas dokter Andri. Kabar Marshanda hilang di Amerika Serikat saat bipolarnya menjadi sorotan publik dan warga Indonesia. Tak terkecuali sang mantan suami Ben Kasyafani. Ben Kasyafani mengungkap kekhawatirannya saat kabar Marshanda hilang didegarnya.

Ddiketahui saat diumumkan oleh Sheila, kerabatnya di Amerika Serikat lewat media sosial. Sheila sempat mengunggah video pertemuan terakhirnya sang artis sebelum Marshanda hilang. Di video itu, Marshanda yang biasa disapa Caca ini sempat mengucapkan Time Is Dying.

Ben Kasyafani, tak menampik dirinya terus mengikuti kondisi mental atas Bipolar yang dirasakan oleh ibu dari putrinya itu. "Sebenarnya sih aku mungkin teman teman yang kenal baik, mungkin sedikit sudah ada ke khawatiran, tapi aku mantau cuma lewat sosial media," kata Ben Kasyafani dalam wawancara virtual, Senin (27/6/2022). Kekhawatiran Ben Kasyafani tersebut karena ia merasa banyak keanehan dari Marshanda.

Baik dari cara bicara hingga perilakunya, yang terekam dalam video di media sosial. "Saya memantau kondisi terakhir waktu udah sampe di Los Angeles. Sejujurnya emang udah buat khawatir," ucapnya. Mengenai Time Is Dying, Ben sudah melihat video yang diunggah Sheila, kerabat Marshanda di instagram.

Ben mengaku tak bisa mengartikan apa apa dari ucapan Marshanda di video itu. Ia berharap ucapan tersebut hanya ada di mulut dan pikiran mantan istrinya. "Memang terakhir di perhatikan kalimatnya seperti pindah pindah ke satu hal ke hal yang lain, kita kenal Caca cukup baik memang ada sedikit yang berbeda," jelasnya. Ben Kasyafani menegaskan dirinya terus melakukan koordinasi dengan Sheila, keluarga, serta teman temannya di Amerika Serikat guna mencari tahu keberadaan dan kondisi Marshanda.

"Semoga baik baik saja semuanya," ujar Ben Kasyafani. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.